Kelola Zakat, Datanglah ke Padang

29 07 2008

PANITIA Legislasi (Panleg) DPRD Kota Kendari belajar pengelolaan zakat ke Padang. Ketua Panleg DPRD Kendari Abdulrahman Saleh menyebutkan, di Kendari sudah ada Perda tentang zakat, namun pengelolaannya masih belum efektif.

“Sementara di Padang, hanya dengan peraturan walikota (Perwako) saja, pengelolaan zakat bisa sangat efektif dan mampu mengumpulkan miliaran rupiah. Makanya kami perlu memperlajarinya,” ujar Abdulrahman usai pertemuan dengan Komisi D DPRD Kota Padang.

Dalam pertemuan yang dipimpin Ketua Komisi D Syahbuddin BSW itu, para anggota legislatif dari bumi Sulawesi itu, mempertanyakan kiat-kiat apa yang dilakukan BAZ Kota Padang dalam melaksanakan pemungutan zakat dan pengelolannya.

Ketua BAZ Kota Padang, Maigus Nasir memaparkan bahwa pengelolaan zakat di Kota Padang didasarkan kapada Peraturan Walikota yang mewajibkan PNS golongan tiga ke atas untuk membayarkan zakatnya melalui BAZ Kota Padang.

“Pada saat keluarnya Perwako tersebut, bagi PNS yang berpenghailan Rp1,6 juta keatas diwajibkan membayar zakat, dengan asumsi harga emas saat itu Rp400 ribu,” ujar mantan Ketua DPRD Kota Padang periode 1999-2004 itu.

Disamping itu, selain mengumpulkan zakat PNS, BAZ Kota Padang juga membentuk Panitia Pemungut Zakat (PPZ) di tiap kelurahan yang tugasnya memungut zakat kepada para muzaki (wajib zakat) non PNS.

Selain itu, pengelolaan zakat ini diupayakan seprofesional mungkin dengan merekrut orang-orang dari berbagai latar belakang pendidikan. “Ada dari tamatan fakultas dakwah guna mensyiarkan, ada dari ekonomi untuk pengelolaan finasialnya, dan sebagainya,” ujarnya.

Hadir dalam pertemuan itu antara lain Ketua Komisi D DPRD Kota Padang Syahbuddin BSW serta beberapa anggota Komisi, diantaranya Aljufri, Budiman, SAg, Nurmaini Jamar, Siti Zakiah, Ketua BAZ Kota Padang Maugus nasir, Kepala Departemen Agama Kota Padang Syamsul Bahri.***


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: