Pendaftaran Wako/Wawako Dimulai

29 07 2008

MULAI Selasa (29/7) calon-calon walikota dan wakil walikota yang bakal maju pada Pilkada Kota Padang Oktober mendatang sudah bisa mengambil formulir pendaftaran di Komisi Pemilihan Umum Kota Padang.

Ketua KPU Kota Padang Endang Mulyani, SH menyebutkan dimulainya pengambilan formulir bagi calon walikota dan wakil walikota itu sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum No. 15 Tahun 2008 tentang Pedoman Teknis Tata Cara Pencalonan Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah dan Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kota Padang No. 56 Tahun 2008 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kota Padang tahun 2008.

“Dengan ini kami sampaikan kepada seluruh bakal pasangan calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah dari perseorangan dan dari Partai Politik atau gabungan Partai Politik bahwa mulai Selasa besok, formulir pendaftaran sudah bisa diambil di sekteraria KPU Kota Padang,” ujar Endang Mulyani.

Disebutkan, syarat-syarata pengambilan formulir yang berlangsung hingga 4 Agustus 2008 itu adalah bagi calon dari perseorangan pengambilan formulir dilakukan oleh pasangan calon dengan menyerahkan foto copy Berita Acara Verifikasi dukungan dari PPK, dengan jumlah dukungan minimal 26.759 pemilih yang tersebar dilebih 50 persen jumlah Kecamatan di Kota Padang.

“Untuk Kota Padang kerena ada 11 kecamatan, maka minimal setipa pasangan calon mesti memiliki dukungan yang tersebuar di enam kecamatan,” jelasnya.

Sementara bagi calon dari partai politik atau gabungan partai politik pengambilan formulir dilakukan oleh pimpinan partai Politik atau para pimpinan gabungan partai politik yang memiliki 15 persen jumlah kursi di DPRD Kota Padang.

“Kuota 15 persen untuk DPRD Kota Padang, artinya minimal harus punya tujuh kursi, untuk satu partai  atau gabungan partai. Jika tidak, juga bisa dengan menggabungkan minimal 15 persen jumlah suara sah pada Pemilu 2004 atau setara dengan 50.317 suara,” jelasnya.

Selain itu, Parpol yang mendaftarkan calonnya juga hatus menyerahkan foto copy SK kepengurusan partai politik, foto copy anggaran dasar dan anggaran rumah tangga partai politik serta foto copy kesepakatan gabungan partai politik (jika berkoalisi).

Selanjutnya,  tanggal 5 sampai 11 Agustus, adalah tahapan pendaftaran dan pengembalian formulir kelengkapan persyaratan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah Kota Padang tahun 2008 langsung ke Komisi Pemilihan Umum Kota Padang.***


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: