Plt. Walikota Harus Netral

29 07 2008

PESTA demokrasi pemilihan walikota dan wakil walikota Padang mai dekat. Itu artinya, jika walikota dan wakil walikota yang saat ini tengah berkuasa maju sebagai calon, maka sesuai peraturan perundang-undangan, ia harus mundur dari jabatannya. Artinya lagi, untuk mengisi kekosongan itu, tentu akan ada seorang pelaksana tugas (Plt) walikota yang nanti ditunjuk oleh Gubernur Sumbar.

Ketua Komisi A DPRD Kota Padang Yulsirman, SH mengatakan untuk Plt Walikota itu, Gubernur perlu menempatkan orang yang benar-benar netral dari kepentingan politik siapapun dan bisa menjaga stabilitas  dan suasana kondusif sebelum maupun sesudah Pilkada.

“Seorang Plt walikota haruslah orang yang independen bukan merupakan pendukung salah satu kandidat, karena jika Plt adalah orang yang lebih condong menjadi corong seorang kandidat, maka hal itu bisa menimbulkan suasana yang kurang kondusif,” ujar Yulsirman, Senin (21/7) di DPRD Padang.

Sebab, kata Yulsirman, jika seorang Plt adalah “tim sukses” dari salah satu kandidat, maka akan terjadi benturan dan konflik kepentingan di kalangan PNS nantinya. “Sebagai Plt yang juga seorang tim sukses, maka nantinya akan terjadi like and dislike dalam kerja. Itu tentu akan bisa menimbulkan ketidaknyamanan suasana,” tambah anggota Fraksi Partai Golkar itu

Selain itu, tambah Yulsirman, Plt walikota juga harus orang yang mengerti dan mengenal karakteristik dan geografis Kota Padang. Dikatakan, sebagai ibukota provinsi, di Kota Padang berhimpun masyarakat dari berbagai latar belakang dan etnis. Ini tentu harus bisa dipahami oleh seorang Plt walikota.

Senanda dengan itu, Wakil ketua Komisi A Sabaruddin Herman mengungkapkan Plt walikota haruslah orang yang memahami konsep-konsep kerja pemerintah kota selama ini. Artinya, sebagai orang yang melaksanakan tugas walikota, ia harus mampu melanjutkan program kerja yang telah dilaksanakan Pemko.

“Kewenangan Plt hanya sebatas kegiatan rutin. Ia tidak bisa menjadi pengambil kebijakan strategis. Makanya sebagai pejabat sementara, ia harus mampu melanjutkan kerja walikota sebelumnya,” ujar Ketua Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (F-PPP) itu.***


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: