Kasasi Dikabulkan, Mantan Anggota Dewan Tanggapi Dingin

1 08 2008

MENYIKAPI dikabulkannya Kasasi 40 anggota DPRD Kota Padang periode 1999-2004 oleh Mahkamah Agung, beberapa diantaranya menyikapi dengan dingin-dingin saja. Sebut saja Nofrizal, SH, Syaukani dan Mikardi Miyar yang kini duduk kembali di DPRD Padang periode 2004-2009.
Nofrizal menyebutkan, hal itu tak perlu disikapi berlebihan, karena dengan putusan bebas dari MA itu, meskipun dalam persidangan terbukti, namun bukan merupakan tindak pidana, sehingga bisa lepas dari jeratan hukum.

“Kita bersyukur saja dengan putusan bebas dari MA itu. Sebelumnya kita juga sudah yakin akan bebas, namun dengan adanya putusan dan MA itu, maka kita semakin yakin kita tidak bersalah,” ujar Nofrizal yang akrab disapa Chai itu.

Sementara Mikardi Miyar yang diminta komentarnya, putusan bebas itu tak perlu dibesar-besarkan. Senada dengan Chai, ia juga sudah yakin akan bebas, karena memang tidak ada unsur tindak pidana dalam tindakan mereka saat menjabat sebagai anggota dewan periode sesudah reformasi itu.

“Ndak perlulah terlalu dibesar-besarkan. Jauh sebelum putusan bebas keluar sebenarnya saya sudah tahu. Tapi saya tetap bersyukur dengan keluarnya putusan bebas itu,” ujar anggota Fraksi Partai Golkar itu.

Seperti diberitakan harian ini sebelumnya, 40 anggota DPRD Kota Padang periode 1999-2004 dibebaskan oleh Mahkamah Agung (MA) degan cara mengabulkan permohonan kasasi para terpidana. Pengabulan permohonan kasasi para anggota DPRD Kota Padang itu diputuskan majelis hakim dipimpin Iskandar Kamil, SH., dengan anggota Moegihardjo, SH., dan M. Bahaudin Qoudri, SH., pada sidang 24 Juni 2008 lalu.

Permohonan kasasi para terpidana yang dikabulkan itu terbagi dalam lima berkas, yaitu atas nama Mairizal Maas Cs., dengan nomor register 614 K/PID/2007, Maigus Nasir Cs., dengan nomor 616 K/PID/2007, Zal Zailis Are Cs., nomor 617 K/PID/2007, Syofyan B. Amran Cs., nomor 618 K/PID/2007 dan atas nama Zainul Arifin Cs., nomor 619 K/PID/2007.

Kasus korupsi DPRD Kota Padang senilai Rp10,4 miliar melibatkan pimpinan dan anggota DPRD Kota Padang periode 1999-2004 sebanyak 40 orang. Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari Kejari Padang membagi kasus tersebut menjadi lima berkas. Berkas Maigus Nasir tiga orang, berkas Zainul Arifin 10 orang, berkas Zal Zalis Are 10 orang, berkas Syofyan B. Amran sembilan orang dan berkas Mairizal Maas delapan orang.***


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: