Koalisi Padang Sakato Ambil Formulir

2 08 2008

KETUA Koalisi Padang Sakato, Nofrizal, SH secara resmi mengambil formulir untuk pendaftaran calon walikota dan wakil walikota Padang, Sabtu (2/8) di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang.

Koalisi Padang Sakato ini dibangun oleh 17 partai. 16 partai merupakan partai non parlemen peserta Pemilu 2004 lalu. Sementara satu partai yakni Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) mempunyai dua kursi di DPRD Kota Padang.

“Sesuai konstitusi, bagi partai yang tidak mempunyai 15 persen kursi parlemen, bisa mengagabungkan suara sah minimal 15 persen pula. Makanya, kami 17 partai, yang terdiri dari partai non parlemen ditambah PKPI yang punya dua kursi di DPRD Kota Padang sepakat menggalang koalisi yang dinamai Koalisi Padang Sakato. Dan hari ini, kami ambil formulir,” ujar Nofrizal.

Sesuai data KPU Kota Padang, suara sah diluar pemilik kursi parlemen Kota Padang adalah sebesar 13,6 persen. Jika ditambah dengan perolehan PKPI sebesar 3 persen lebih, maka jumlah total kolaisi ini mencapai 17 persen. Dari penghitungan di KPU saat pendaftaran, total jumlah suara yang dimiliki Koalisi Padang Sakato adalah 59.587 suara.

Dijelaskan Nofrizal atau lebih akrab disapa Da Chai ini, koalisi ini telah membicarakan kesepakatannya dengan mengusung pasangan Harmensyah-Dikky Syarfin untuk maju sebagai kandidat Walikota dan Wakil Walikota Padang.

Alasan memilih pasangan Harmensyah-Dikky Syarfin, Da Chai adalah karena keinginan untuk melihat perubahan di Kota Padang yang jauh dari kepentingan politik. “Kedua tokoh ini adalah orang luar politik, sehingga saat memimpin nanti jika terpilih, saya rasa akan jauh dari kepentingan politis,” ulasnya.

Empat Formulir
Hingga Sabtu (2/7) kemarin, sudah empat formulir pendaftaran yang sudah diambil dari KPU Kota Padang. Keempat formulir itu diambil oleh parpol dan calon perseorangan. Yang pertama mengambil adalah Partai Golkar, Jumat kemarin oleh Pj. Ketua DPD Partai Golkra Kota Padang Afrizal, SH.

Selanjutnya dihari yang sama, pasangan calon perseorangan Ibrahim-Murlis Muhammad (Imam) juga mengambil formulir setelah dinyatakan lolos verifikasi faktual dengan mengumpulkan dukungan 27.884 suara. Formulir ketiga diambil oleh pasangan calon perseorangan lainnya yang juga lolos verifikasi faktual Mudrika-Dahnil Aswad yang berhail mengoleksi 35.046 dukungan. Yang keempat formulir diambil Koalisi Padang Sakato oleh Nofrizal ‘Chai’ sebagai ketua koalisi.***


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: