Panmus Banyak Mangkir, PAW Tertunda

11 10 2008

PROSES pergantian antar waktu dua anggota Fraksi Partai Amanat Nasional (F-PAN) atas nama Kasman Syofyan dan Syafrizal Gazali kembali tertunda. Pasalnya, rapat panitia musyawarah (Panmus) yang telah dijadwalkan Jumat (10/10) pukul 14.00 WIB hanya dihadiri lima orang dari 23 anggotanya.

Hal itu jelas tidak memenuhi kuorum yang ditentukan dalam tata tertib (Tatib) DPRD. Akibatnya, ketua Panmus yang juga Ketua DPRD Padang Hadison memutuskan menunda rapat Panmus pada tanggal 20 Oktober mendatang setelah bermusyawarah dengan anggota yang hadir.

“Karena kuorum tidak tercapai, tidak mungkin dipaksakan mengambil keputusan. Nanti malah DPRD bisa di PTUN-kan kalau menyalahi Tatib sebab keputusan yang cacat hukum,” papar Hadison, di DPRD Padang.

Menurut Hadison, banyaknya anggota Panmus yang tidak hadir dikarenakan berbagai sebab, namun yang paling banyak itu adalah jkarena terlibat dengan tim kampanye pasangan calon walikota dan wakil walikota.

“Partai seperti PAN, PKS, Demokrat, PBB, PPP dan PDI P punya calon walikota yang punya jadwal kampanye. Sementara Fraksi Partai Golkar seluruh anggotanya menghadiri silaturahmi dengan ketua umum mereka Jusuf Kalla,” papar Hadison.

Ketua Fraksi Partai Golkar yang dimintai komentarnya, membenarkan bahwa seluruh anggota fraksinya yang merupakan calon anggota legislatif (Caleg) diwajibkan hadir di silaturahmi dengan Jusuf Kalla.

“Tidak ada maksud kami menghalang-halangi proses PAW, karena semua sudah selesai dan sesuai prosedur. Namun F-PG terpaksa tidak bisa hadir karena saat bersamaan harus hadir di acara Ketum. Kalau tidak hadir kami terancam dapat sanksi partai,” papar Afrizal.

Sementara itu, Ketua F-PAN Irdamsyah Nazar merasa kecewa dengan ditundanya PAW tersebut. Menurut Irdamsyah dirinya telah berupaya mempercepat masuknya dua anggota baru F-PAN itu, namun masih saja tertunda akibat tidak hadirnya anggota Panmus.

“Saya akan menyurati pimpinan untuk melakukan protes sekaligus segera menjadwal ulang rapat Panmus. Saya tak ingin proses PAW ini tertunda-tunda terus,” pungkas Irdamsyah.***


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: