‘Alumni’ Harian Semangat Bentuk Semangat Foundation

21 10 2008

SEBAGAI wujud rasa persaudaraan dan terima kasih kepada almamater, mantan wartawan dan karyawan Surat Kabar Harian Umum Semangat, yang bermotto ‘Membina Iman dan Kecerdasan Dalam Era Pembangunan’, mendirikan Semangat Foundation, sekaligus membentuk kepengurusannya.

Harian Semangat di bawah kepemimpinan MS Sukma Jaya ini dinilai para alumnus berhasil menempa kader-kader tangguh, terampil, penuh semangat juang, dan sukses, meskipun hampir tidak pernah memanjakan wartawan dan karyawannya dengan gaji dan honor yang memadai.

Sebagian karyawan dan wartawan harian yang terakhir terbit tahun 2000 itu, sukses berkiprah di media dan perusahaan lain atau membuka lapangan kerja sendiri, namun sebagian kecil lainnya masih menganggur.

Sehubungan dengan itu, alumnus dalam pertemuan Taragak Basuo itu mengamanatkan agar pengurus terpilih menginventarisasi jumlah keluarga besar Harian Semangat yang tersebar di Indonesia, anak yang butuh beasiswa atau terancam putus sekolah, mereka yang mengalami PHK, serta kondisi para janda dan anak yatim.

Tiga departemen terpadu: Departemen Kesejahteraan Sosial, Departemen Penelitian dan Pengembangan serta Departemen Keuangan dan Kewirausahaan merespon amanat itu dengan cepat, termasuk kerja sama dengan berbagai instansi untuk dapat memberikan pelatihan kerja dan wirausaha yang relevan.
Untuk memperlancar komunikasi keluarga yang terpisah-pisah, Departemen Ilmu Pengetahuan dan Teknologi juga mengusahakan situs web Semangat Foundation di internet, demikian Drs. Dian Wijaya, Wakil Bendahara Umum.

Dalam waktu dekat, Departemen Kebudayaan dan Kesenian juga dituntut mempersiapkan penerbitan buku Sejarah Harian Umum Semangat yang draft-nya disusun oleh Effendy Koesnar, Dtk Bagindo Said, Dosen Luar Biasa Faultas Dakwah IAIN Imam Bonjol. Buku tersebut akan dilengkapi dengan outobiografi yang ditulis oleh masing-masing pelaku sejarah.

Buku ini meskipun tidak akan sama popularitasnya dengan Laskar Pelangi, diharapkan mampu memotivasi generasi muda dengan idealisme, kesetiakawanan, tidak silau dengan harta, dan tidak gampang patah atau hilang semangat, ungkap senior H. Gatot Santoso, SH (TPI).

Dr. H. Mafri Amir, M.Si., dosen Univeritas Islam Nasional (UIN) Jakarta yang juga menjabat Sekretaris Pribadi Bidang Kerohanian Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam kesempatan itu menyerahkan dana awal Rp500 ribu kepada Dra. Fitri Adona, M.Si., Ketua Umum yang mewakili Pengurus Harian, yang dipilih secara aklamasi. Dana yang dikumpulkan secara spontan pada hari ini, akan ditambah lagi dalam waktu dekat agar program pengurus segera berjalan, ungkap Mafri Amir yang diakrabi ‘Aji’.

Adapun Struktur Semangat Foundation: Pembina: M.S. Sukmajaya, HKR Dtk. P. Simulie, H. Effendy Koesnar, Dt.Bagindo Said; Penasihat/ Dewan Pertimbangan Yayasan: Dr. H. Mafri Amir, M.Si, Zulnadi, SH, Gatot Santoso, SH, Khairul Jasmi, S.Pd., M.M., H. Wiztian Yutri, Effendy Zoebir; Pengurus Harian: Ketua Umum: Dra. Fitri Adona, M.Si; Ketua I: Nofi Sastra, Ketua II: Erion Saad; Sekretaris Jenderal: Firdaus, S.Sos, Wakil Sekjen: Desman Johan; Bendahara Umum: Syafruddin, SE, Wakil Bendahara Umum: Drs. Dian Wijaya.

Kepengurusan umum ini dibantu oleh 8 departemen, yakni: Departemen Kesejahteraan Sosial: Altasia (Ketua), Zul Koto, SH, Julismar, T. Tarnoki, Bonar Harahap, S.Sos; Departemen Penelitian dan Pengembangan: Dede Amri (Ketua), Syamsu Hilal, Oktaveri, S.Sos, M.M, Chairul Amri, Sri Taufik, A.Md.; Departemen Keuangan dan Kewirausahaan: Jimmy Villi, SH (Ketua), Arbaini Ben, Sabrul Bayang, Ronny Asrico Putra, Nila Kalsoem, Departemen Kebudayaan dan Kesenian:Rian D Khincai (Ketua), Pinto Janir, Syam Chaniago, Vera Fitria, Maliki Ariesta; Departemen Pekerjaan Umum: Yulinur Sadar (Ketua), Emi Basridal, Yan Somartha, Zetrizal, Almadi, Departemen Puiblic Relations dan Media Massa: Syamsul Bahri, S.Pd (Ketua), Daniwati Barjak, Lailatul Aidil, Obral, Nasrul Aliarnas Gulo, Departemen Peranan Wanita: Yenizar, A.Md (Ketua), Nila Abdi, SH, Sapto Rahardjo, Yunidawati, Tuti, Departemen Ilmu Pengetahuan dan Teknologi: Bambang Sulistyo (Ketua), Amrizal Mesin, Edi Saputra, Alitasman, Mira Yunis, Departemen Luar Nagari: Hardimen Koto (Ketua), Awaluddin, S.S, I Made Tunggal Karyawan, S.Sos, Eddy Utama, Hamdani, dan Asrial.

Direncanakan, pada pertemuan akbar nantinya, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Sumbar juga akan menganugerahkan penghargaan bagi sesepuh Harian Semangat: M.S. Sukmajaya, HKR Dtk. P. Simulie, H. Effendy Koesnar, Dt.Bagindo Said, Marthias Doeski Pandoe, dll.

Diharapkan sejak foundation ini terbentuk mereka yang memiliki ikatan emosional dengan harian ini, baik di dalam maupun di luar negeri menunjukkan rasa memiliki dan memberikan respon positif, demikian Zulnadi, SH, Ketua Panitia Taragak Basuo.

Beberapa nama wartawan senior yang menghiasi perjalanan panjang harian ini sejak berama SKH Aman Makmur adalah perintisnya, pemuda Marthias Doeski Pandoe yang memanfaatkannya sebagai sosial kontrol yang konstruktif dan mengangkat harga diri masyarakat Minang yang terpuruk selama jaman bagolak. Ia juga mengajak Zuiyen Rais (Mantan Walikota Padang) yang masih berstatus mahasiswa, dan Radjalis Kamil (Mantan Humas PT Semen Padang) sesama alumnus IKIP Padang.

Selanjutnya muncul nama-nama Boneh St. Mantari (terakhir di LKBN Antara, Alm), Chairul Harun (Budayawan, terakhir di Singgalang, Alm), Marwan Zen, MS Sukma Jaya, Pasni Sata, Syafri Segeh (Haluan), dan Si Giring-giring Perak Makmur Hendrik.

Dalam sejarahnya, SKH Semangat yang menempati Balai Prajurit dan Kampus Fakultas Ekonomi Unand pada 1958 ini pernah mengadakan kerjasama dengan SKH Riau Pos (Jawa Pos Group) dan beberapa pengusaha Kota Padang. Ketika masih bernama SKH Aman Makmur, sempat dicabut Surat Izinnya pada Maret 1965, dengan tuduhan pengikut Badan Pendukung Sukarnoisme (BPS) dengan Manifes Kebudayaan (Manikebu) yang disponsori oleh Adam Malik.
Sebelum berganti nama menjadi Harian Umum Semangat, Kodam III/17 Agustus berusaha merangkul mantan wartawan dan karyawan SKH Aman Makmur untuk penerbitan Tri Ubaya Cakti.***


Aksi

Information

One response

12 12 2009
Actuasubs

Excellent blogpost, great looking blog, added it to my favs.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: