Fauzi-Mahyeldi Menang 51,50 Persen

26 10 2008

Golput Pilkada Padang 44 Persen

SECARA resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang belum mengumumkan hasil penghitungan suara. Sebab menurut Ketua KPU Kota Padang, Endang Mulyani mulai tanggal 24 hingga 28 Oktober merupakan proses rekapitulasi hasil di Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Baru tanggal 29 Oktober sampai 2 November proses rekap di KPU sekaligus penetapan hasil.

Namun, menurut Endang, KPU hingga kemarin juga telah melakukan proses penghitungan dengan mengumpulkan data elektronik. Dari penghitungan itu, pasangan Fauzi Bahar – Mahyeldi berhasil meraup suara sebanyak 156.119 suara atau setara dengan 51,50 persen dari jumlah suara yang masuk sebesar 303.123 suara.

Di urutan kedua pasangan Yusman Kasim-Yul Akhyari Sastra (Yusra) memperoleh suara 66.399 suara atar 21,90 persen. Pasangan Jasrial-Muchlis Sani (Jamu) merebut 47.022 suara atau 15,51 persen, Ibrahim-Murlis Muhammad (Imam) meraih 17.104 suara setara dengan 5,64 persen dan Mudrika-Dahnil Aswad (Muda) merebut 16.479 suara atau 5,44 persen.

Data KPU yang diolah menunjukkan angka golongan putih (golput) hanya 44 persen saja, sebab yang tak memilih sebesar 236.537 orang, atau 56 persen menyalurkan suaranya. Sementara berpatok pada data PKS, yang golput 59 persen.

Dikatakan Endang, hasil itu bukan merupakan hasil final penghitungan KPU. Sehingga hasil ini belum bisa dijadikan dasar sebagai pemenang Pilkada Padang. Karena nantinya KPU akan melakukan penghitungan manual berdasarkan UU No. 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah.

“Meskipun penghitungan dengan sistem pengumpulan data elektronik telah berakhir, namun kita masih kategorikan penghitungan sementara. Setelah nanti diputuskan pemenang melalui rapat pleno. Setelah melalui pleno KPU baru pasangan yang menang sah sebagai walikota dan wakil walikota Padang. ,” ujar Endang.

Data PKS
Data yang dikeluarkan KPU ini berbeda dengan penghitungan yang telah dilakukan oleh Partai keadilan Sejahtera (PKS) yang telah dirilis sebelumnya yang diklaim sebagai real count (perhitungan realistis). Namun begitu, pemenang dari Pilkada tetap tak berubah dari Fauzi Bahar-Mahyeldi.
Dengan demikian, sesudah KPU melakukan penghitungan, suara yang masuk sebesar 303.123 dari 539.660 pemilih.

Terkait kartu pemilih KPU Kota Padang telah menerima pengembalian kartu sebanyak 14.786 yang nantinya akan dibuat berita acaranya, agar tidak disalahgunakan. “Kita akan membuat berita acaranya, apabila nanti diperiksa karena terkait anggaran. Sesudah itu akan dimusnahkan,” sebut Endang.***


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: