Etnis Tionghoa Jadi Caleg

3 02 2009

alber“KAMI juga warga negara Indonesia, dan sebagai warga negara kami punya hak politik. Punya hak untuk memilih dan dipilih.”

Demikian kata-kata pertama Albert Hendra Lukman salah seorang calon anggota legislatif (Caleg) keturunan Cina, ketika ditanya tentang keikutsertaannya di dunia politik.

Menurut dia, sebagai warga negara Indonesia, mereka (etnis Cina – red) berhak dengan jenis pekerjaan apapun, termasuk sebagai anggota legislatif. Sebab menurut dia, selain hak politik, kaum mereka juga berkewajiban untuk berkontribusi dalam pembangunan di Indonesia.

“Dengan terjun ke dunia politik dan menjadi anggota legislatif, kami menunjukkan bakti kami kepada negara dimana kami berdiam. Ini sebagai bukti bahwa kami juga peduli dengan negeri ini,” jelas anggota DPRD Kota Padang ini.

Albert Saat ini tercatat sebagai Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPC PDIP) Kota Padang dan menjadi caleg untuk DPRD Kota Padang daerah pemilihan (Dapil) Padang IV (Padang Selatan, Padang Timur dan Buguih Taluak Kabuang).

Sebagai seorang caleg, jelas mereka punya trik-trik khusus untuk meyakinkan pemilihnya. Menurut Albert, sebagai kaum minoritas, target utama untuk dijadikan lumbung suara jelas komunitas yang sama dengan dirinya.

“Jika dioptimalkan, jumlah warga keturunan Cina di Kota Padang jumlahnya ribuan. Jika etnis kami memilih caleg kaum kami, tentu jumlah suaranya cukup signifikan untuk mengantar ke gedung dewan,” katanya.

Namun begitu, lanjut Albert, tidak tertutup pula kemungkinan etnis lain pun menumpangkan kepercayaan kepada mereka. “Jika kaum lain menilai kinerja kami baik dan bisa menyalurkan aspirasi mereka, kenapa tidak mungkin mereka menumpangkan amanat mereka kepada kami,” pungkas Albert.***


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: