Penurunan Kemikinan Jangan Hanya Angka

7 02 2009

ANGKA penurunan rumah tangga miskin (RTM) yang disampaikan Walikota Padang dalam Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Akhir Masa Jabatan (LKPJ AMJ) memang menunjukkan penurunan.

Dalam LKPJ AMJ-nya walikota menyebutkan selama 2008, jumlah RTM (Rumah Tangga Miskin) turun sebesar 21,46 persen. Berdasarkan data BPS 2006, jumlah RTM sebanyak 38.099. Pada pendataan BPS tahun periode September-Oktober 2008, angka tersebut berkurang menjadi 29.920.

Bagi anggota Komisi D DPRD Padang, Syahbuddin, BSW, penurunan kemiskinan itu hendaknya jangan hanya dalam bentuk angka di atas kertas saja. Namun harus terlihat nyata di lapangan.

“Angka boleh saja turun, tapi kenyataan di lapangan, masih saja banyak warga Kota Padang yang masih berada di bawah garis kemiskinan,” kata Syahbuddin, Selasa (3/1) di DPRD Padang.

Ia mengatakan, untuk melihat penurunan angka kemiskinan itu, perlu ada indikator-indikator yang jelas dan terukur, sehingga penurunan itu jelas nyata di tengah masyarakat.

“Pemko Padang harus pula punya patokan yang jelas tentang kemiskinan tersebut. Kalau di BPS kan ada 14 indikator yang menyangkut kemiskinan itu,” tambahnya.

Ia mengharapkan kedepan, Pemko agar lebih intensif lagi dalam memeberantas kemiskinan itu. Dikatakan, harus ada program jelas untuk peningkatan perekonomian masyarakat yang muaranya adalah pemberantasan kemiskinan.***


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: