Aikido, Beladiri Modern Tanpa Mencederai

17 03 2009

aiki3PERTUMBUHAN olahraga beladiri baru kian marak di Kota Padang. Sejak Agustus tahun lalu, di Padang sudah mulai beroperasi sekolah ilmu beladiri Aikido yang dikembangkan Sekolah Takiotoshi Nagare Aikido Jakarta. Aikido merupakan ilmu beladiri yang diciptakan oleh seorang ahli beladiri Morihei Ueshiba dari Jepang.

“Konsep aikido ini adalah, harmoni dan tidak menyakiti. Tidak menciderai, apalagi sampai membunuh lawan. Intinya, aikido sangat defensif (bertahan),” kata Kepala Sekolah Takiotoshi Nagare Aikido Padang, Sensei Mayzalyan Syaiful Khair, Senin (16/3) di Padang. Dojo Takiotoshi Nagare Aikido Padang sendiri berlokasi di STBA Prayoga Jl. Veteran No. 8 Padang.

Aikido, lanjutnya mengutamakan prinsip kelembutan dan membimbing lawan dengan kasih. Prinsip ini diterapkan pada gerakan-gerakannya yang tidak melawan kekuatan dengan kekuatan tetapi “mengarahkan” serangan lawan untuk kemudian menundukkan lawan tanpa ada niat untuk mencederai lawan.

Berbeda dengan seni beladiri lain yang pada umumnya lebih mengutamakan pada latihan kekuatan fisik dan stamina, Aikido mendasarkan latihannya lebih pada penguasaan diri dan kesempurnaan teknik. Teknik-teknik yang digunakan dalam Aikido kebanyakan berupa teknik elakan, lemparan, bantingan, dan kuncian.

Sementara teknik-teknik pukulan ataupun tendangan biasanya jarang digunakan. Falsafah-falsafah yang mendasari Aikido, yakni kasih dan konsep mengenai ki inilah yang membuat Aikido menjadi suatu seni beladiri yang unik.

Sementara itu Tomiyono, Instruktur Kepala Takiotoshi Nagare Aikido Padang menyebutkan Aikido disebut beladiri modern, karena diciptakan pada awal abad 19. Berbeda dengan ilmu beladiri lainnya yang diciptakan jauh sebelumnya.

“Aikido bukan untuk dipertandingkan, namun hanya beladiri simpanan saja, untuk membela diri. Sebab, efek dari eksekusi teknik Aikido akan sangat fatal. Jika beladiri lain mungkin hanya bengkak atau lebam, Aikido bisa patah tulang atau copot sendi. Makanya Aikido tidak untuk dipertandingkan,” paparnya.

Untuk dapat berlatih Aikido, semua orang dapat melakukannya tanpa membatasi umur, gender (jenis kelamin), bentuk tubuh besar atau kecil dan lainnya. Metode dari ilmu beladiri ini berasal dari gerakan teknik senjata yang diaplikasikan dengan tangan kosong, lanjut Tomi.

Dalam kesempatan itu, Mayzalyan menyebutkan bagi mereka yang berminat untuk berlatih Aikido, bisa langsung datang ke Dojo Takiotoshi Nagare Aikido Padang bertempat di STBA Prayoga Jl. Veteran, Padang.***


Aksi

Information

9 responses

6 04 2009
raini munti

bagusnya aikido, tdk perlu dipraktekkan dlm khidupn shri2 :) kalo iy brarti kt sdg dlm mslh besar :)

6 04 2009
raini munti

please do visit my blog, open your shout box and start blog walking :)

18 08 2009
guru beladiri online

SALAM KENAL BUAT SEMUA PECINTA SENI BELADIRI

19 09 2009
2 sides

syarat pendaftarannya apa ?

22 09 2009
aluna

ada ga dojo aikido di jakarta,,,???

klo bleh tahu baju nya itu brapa ya,,kayaknya mahal banget,,,,
rame gitu bajunya,,,hehehe

18 10 2009
oki

@aluna : buka aja aikido.web.id banyak tuh dojonya
kalo gw ikut takiotoshi nagare dojo tangerang, 1 naungan jga kyak yg dipadang

20 12 2009
Ari

Saya mau daftar ke Aikido cabang Padang, caranya gimana ya ?

21 12 2009
bambangsulistyo

Silahkan datang aja ke dojo Aikido Padang di Aula Kampus III Universitas Bung Hatta Gunung Pangilun pukul 17.00 atau hubungi Elvis Mardi HP : 081993602095 atau Sensei Mayzalyan HP : 081266218505

29 02 2012
daniel

mas… saya mau mendaftar mas!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: