Dana Belum Jelas Atlet Porprov Padang Terancam Tak Terima Bonus

3 01 2011

Padang, Singgalang
Meski sudah berakhir sejak 15 Desember lalu, namun hingga kini bonus untuk atlet peraih medali di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) lalu belum juga menampakkan titik terang. Sebab dalam APBD Padang 2011, bonus itu hanya dianggarkan sebesar Rp400 juta. Padahal kebutuhan jika mengacu dari hasil perolehan medali dan janji Walikota, diperkirakan harus disediakan dana minimal Rp2,5 miliar untuk bonus itu.

“APBD memang telah menganggarkan pemberian bonus, tapi hanya Rp400 juta. Dana itu masuk dalam hibah Pemko untuk Koni Padang,” ujar anggota DPRD Padang Fraksi Golkar/PDIP Albert Indra Lukman, kemarin.

Ia menyatakan Alokasi anggaran tersebut, katanya, memang sudah melalui kesepakatan bersama antara Pemko dan DPRD saat pembahasan APBD beberapa waktu lalu. Kecilnya dana yang disekapati, kata Albert, karena Pemko sendiri tidak memberikan target yang jelas terkait prestasi yang akan diraih.

Kota Padang pada Porprov kemaren meraih 297 medali, terdiri dari 147 medali emas, 59 perak dan 91 perunggu. Sedangkan, Wali Kota Padang Fauzi Bahar menjanjikan pemberian bonus untuk Rp10 juta untuk peraih medali emas, Rp4 juta untuk medali perak dan Rp2,5 juta untuk perunggu.

“Memang ada pemangkasan di DPRD terkait anggaran bonus. Tapi, itu karena pemko tidak memberikan target yang pasti tentang berapa target medali yang diperoleh, sejauh mana optimisme dan upaya mereka untuk mengejar target itu,” katanya.

Dia menilai, kalau tidak segera diantisipasi, hal ini bisa menjadi polemik dikemudian hari. Pemko, katanya, harus berupaya optimal mencarikan dana tambahan untuk pemberian bonus tersebut.

Menyikapi hal itu, Walikota Padang menyatakan bahwa dirinya akan membicarakan langsung dengan DPRD pada tanggal 2 Januari mendatang terkait penganggaran untuk bonus tersebut. Memang saat ini APBD Padang sudah di tangan gubernur untuk dievaluasi.

“Dan menjelang evaluasi itu keluar, kita masih mungkin untuk melakukan pergeseran dana dari beberapa SKPD guna memberi apresiasi bagi atlet yang telah mengharumkan Kota Padang,” kata Fauzi Bahar.

Sementara itu, Ketua DPRD Padang Zulherman menyatakan bahwa memang walikota secara lisan telah mengatakan untuk berbicara dengan DPRD. Ia menyatakan secara prinsip, DPRD memberi apresiasi kepada para atlet yang telah mengharumkan nama Kota Padang. Prestasi yang diraih itu sangat diluar dugaan, dimana Padang bisa meraih medali emas sampai 147 keping.

“Kita akan coba melihat apakah memungkinkan ada pergeseran anggaran. Kalau memungkinkan, hal itu bisa dilakukan dengan Perwako saja, dan nanti akan diakomodir di APBD perubahan. Kita pasti akan memberi apresiasi kepada mereka,” katanya.

Selain itu, ia juga menyarankan untuk memikirkan bentuk-bentuk lain dalam pemberian bonus, misalnya dengan pemberian fasilitas-fasilitas terhadap atlet yang meraih medali, seperti soal sekolah atau dalam penerimaan PNS.(302)


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: